Minggu, 24 Maret 2013

Kenapa ada TBM Kampung Wong Moco



            Perkembangan teknologi informasi semakin merajalela yang membawa dampak yang sangat luar biasa terlebih bagi para generasi muda. Gencarnya tayangan televisi yang lebih menonjolkan sisi hiburan membawa dampak buruk bagi masyarakat khususnya perkembangan mental anak-anak dan remaja. Merebaknya berbagai sarana hiburan playstasioan, game net dan juga internet menjadi tantangan serius bagi kemajuan para generasi penerus. Sementara minat baca dan menulis masyarakat kita masih sangat rendah sehingga budaya baca-tulis kalah jauh dengan budaya nonton dan hiburan.­


            Di abad informasi persaingan semakin berat. Hanya Bangsa yang mampu menguasai teknologi dan informasilah yang akan mampu bertahan. Tak terkecuali bangsa Indonesia jika tidak ingin terus tertinggal tidak ada kata lain selain menguasai informasi dan juga teknologi. Sedangkan untuk dapat menuju kesana syarat utamanya adalah budaya baca-tulis masyarakat harus tinggi. Oleh karena itu mau tidak mau budaya baca-tulis harus diwujudkan di negeri ini jika tidak mau terus-menerus menjadi bangsa yang tertingal dan sekedar menjadi penonton.

            Banyaknya kalangan remaja dan anak-anak di Kampung sindurejan yang masih memerlukan bimbingan dan arahan untuk menjadikan mereka sebagai generasi penerus yang kuat dan tangguh menghadapi persaingan di era global.    Di samping belum adanya sarana belajar alternatif di luar sekolah yang dapat dijadikan wadah untuk mengasah kreatifitas mereka. Kampung Sindurejan dengan segala potensi yang dimilikinya sudah semestinya mampu menghadirkan sarana belajar alternatif bagi para warganya khususnya remaja dan anak-anak. Oleh karena itu kami para pemuda Sindurejan sebagai tulang punggung bangsa berinisiatif untuk mengambil peran dalam mempelopori berdirinya perpustakaan kampung dan komunitas baca-tulis  ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar